Facebook mencuri data di HP kita?

23 Aug 2011

Kira-kira kalau ada orang atau perusahaan yang meminta SEMUA kontak, nomor HP yang ada di telepon/hp/smartphone apa yang pertama akan anda pikirkan?

KataSEMUA sengaja saya tulis dengan huruf besar, karena memang dimaksudkan demikian, semua nomor telepon yang ada di handphone anda akan dicopy dengan kata yang diperhalus “Sync” atau sinkronisasi.

Facebook telah mengembangkan fitur konektifitas pertemanan sedemikian canggih, sehingga tidak sulit bagi kita untuk mencari teman berdasarkan banyak kategori, melalui email, aplikasi online, social media dan yang membuat saya khawatir adalah semua nomor telepon yang ada di HP saya kini ada di facebook.

Mari kita lihat, klik “Akun” - “Sunting Teman“. (Saya menggunakan Facebook dengan Bahasa Indonesia)

Dari halaman ini perhatikan kiri atas lalu klik “kontak“.

atau kalau mau cepat silahkan klik dalamkeadaan login di facebook link:
http://www.facebook.com/friends/?filter=pfp atau
http://www.facebook.com/friends/edit/?sk=phonebook

Semua daftar nomor telepon yang ada di HP yang pernah menggunakan aplikasi Facebook akan tercantum di halaman ini.

Saya mengkhawatirkan jika nomor-nomor HP ini disalahgunakan, setidaknya jika akun Facebook kita berhasil di hack orang lain, maka dapat dipastikan, semua daftar kontak akan berpindah ke tangan orang lain yang artinya membuka resiko untuk disalah gunakan.

Jika anda merasa nyaman atau tidak mempermasalahkan hal ini, biarkan saja demikian.

Keuntungan dari fasilitas sinkronisasi kontak ini adalah saat kita mengganti handphone, kita tidak perlu back up nomor HP dari handphone lama, cukup menggunakan aplikasi sync untuk mengambil kembali semua daftar kontak yang ada di Facebook.

Saya sendiri lebih memilih memback up kontak melalui e-mail dan aplikasi desktop yang saya yakin lebih aman daripada fitur keamanan facebook.

Selanjutnya jika anda berfikiran sama dengan saya yang tidak nyaman dengan fasilitas ini, kita dapat menghapusnya melalui link:

http://www.facebook.com/contact_importer/remove_uploads.php?r=/phonebook

lalu klik “hapus”

Catatan: Sebelum Anda klik Hapus, Anda perlu memastikan penyinkronan dimatikan.

Blackberry
Android

untuk memastikan semua kontak terhapus, silahkan cek kembali di halaman:
http://www.facebook.com/friends/?filter=pfp atau
http://www.facebook.com/friends/edit/?sk=phonebook

Proses ini telah selesai jika pada halaman kontak yang terdaftar adalah kontak di Facebook yang memiliki nomor telepon, Jika masih ada nomor telepon yang tidak memiliki nama/foto itu berarti masih ada kontak dari HP kita yang tersimpan di facebook.

Salam


TAGS facebook blackberry hp security android mobile phone


-

Author

been paid to be good

Follow Me