FK Universitas Andalas dan PMGI Sosialisasikan Myasthenia Gravis

30 Oct 2017

Sabtu, 28 Oktober 2017 bertempat di Aula Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Pejuang Myasthenia Gravis Indonesia (PMGI) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang penyakit Myasthenia Gravis, dengan tema: Mengenal Lebih Dekat Myasthenia Gravis.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diadakan bagi pasien Myasthenia Gravis, keluarga pasien, relawan kesehatan, dan masyarakat luas, khususnya bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam tentang penyakit Myasthenia Gravis.

FK Univ Andalas dan PMGI Sosialisasi Myasthenia Gravis

Rangkaian acara diawali sambutan pembuka oleh dr. Lidya, Sp.S, M.Biomed, sebagai Ketua Panitia, kemudian sambutan umum dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, DR. dr. Rika Susanti, Sp.F, lalu sambutan Kepala Bagian Neurologi RSUP dr. M. Djamil padang, dr. Syarif Indra Sp.S.

Pemaparan tentang penyakit Myasthenia Gravis disampaikan oleh dr. Meithi Frida Sp.S (K) selaku narasumber utama. Dr. Meithi menyampaikan secara komprehensif tentang penyakit Myasthenia Gravis, sejak mulai gejala awal, pengobatan yang dilakukan, dan penangan krisis mistenik.

Dr. Yudith R, narasumber yang mewakili Yayasan Myasthenia Gravis Indonesia (YMGI), menyampaikan bahwa YMGI akan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang penyakit Myasthenia Gravis, serta akan melakukan mediasi ke Rumah Sakit berkaitan dengan ketersedian obat bagi pasien Myadthenia Gravis.

Pejuang Myasthenia Gravis Indonesia (PMGI)

Sedangkan Pejuang Myasthenia Gravis Indonesia (PMGI), sebuah komunitas care givers, atau relawan pendamping bagi penderita Myasthenia Gravis maupun penyakit lainnya, yang diwakili oleh Eka Diah Purwanti, menyampaikan visi misi PMGI, yang dengan menggandeng Cahaya Foundation melakukan Program Rumah Singgah untuk memfasilitasi pasien dari luar daerah dan Advokasi langsung kepada pasien dan keluarga pasien saat berobat ke Rumah Sakit.

Sosialisasi Myasthenia Gravis

Diharapkan ada tindak lanjut yang nyata dan terarah dari hasil Program Pengabdian Pada Masyarakat ini, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh para MGers (sebutan bagi pasien Myasthenia Gravis) di Sumatera Barat dan sekitarnya.

 


TAGS Myasthenia Gravis PMGI Pejuang Myasthenia Gravis Indonesia Universitas Andalas Fakultas Kedokteran


-

Author

been paid to be good

Follow Me